Sabtu, 25 November 2017

Pengalaman Operasi Mucocele



Wadup guys~

Di post-an kali ini, gue mau sharing tentang pengalaman operasi gue. Operasi kecil sih, namanya MUCOCELE.

Apa itu mucocele?

Menurut buku yang gue baca, #Plak  *sok amat baca buku kesehatan 😂

Jadi, menurut mbah gugel, mucocele adalah kista mukus, yaitu kantong berisi cairan lendir. Mucocele terbentuk akibat sumbatan kelenjar liur akibat trauma (misalnya benturan, kebiasaan menggigit bibir, iritasi kronis dari gigi dan sebagainya). Benjolan yang timbul umumnya berbentuk bulat, berukuran kecil dan tidak nyeri. (sumber : alodokter.com)


Hiii serem amat yah? ah, gak juga sih.

Awalnya gue kira itu sariawan, soalnya gue gak pernah sariawan. Jadi, gue biarin aja selama 3 bulan lebih 😐

Karena penasaran dan gatel ini benjolan kenapa gak ilang-ilang, akhirnya gue tanya ke mama.

gue     : "Mah, ini apaan ya? kok benjol di mulut."
mama : "Hah? mana? ooh, ini sariawan namanya."
gue      : "Tapi kok gak sakit ma? sariawan kan nyeri2 gimana gitu."
mama : "Masa sih?"
gue      : "Iya ma, udah 3 bulan kayak gini terus."
mama : "APA?! 3 BULAN? ih apaan tuh kak? coba liat gugel deh. Kok mama jadi ngeri."

Singkat cerita,  akhirnya gue memutuskan untuk operasi di rumah sakit tiiitt *sensor* bagian poli gigi-mulut.

Dan FYI, gue harus bolak-balik ke rumah sakit buat nyusun jadwal operasi. Hmm... tapi enak juga sih, gak sekolah #plak
Enggak, gue bercanda. Enak apaan, orang ketinggalan berapa mata pelajaran coba..........................

Buanyaaakk...

Oke, back to story.

Pas lagi nunggu antrian, jantung gue gedag-gedug cepet banget kayak habis lari marathon. Takut? iyaaaaaaaaa. Gue merinding karena gak pernah operasi mulut!

Sekitar setengah jam kemudian, akhirnya giliran gue dateng dan gue pun masuk ke dalem sambil masang muka kebelet.




Para dokter dan suster mempersilahkan gue duduk di kursi operasi.

Kursi? Yoi, gue dioperasi di kursi layaknya periksa gigi biasa. Setelah itu, gue dipakein kain ijo yang nutupin badan  kecuali bagian mulut. Bahkan mata gue pun ketutup. Tapi masih bisa liat pas di operasi sih, soalnya gue ngintip-ngintip gitu heheh.

Selama gue operasi, mama setia nemenin gue. Sambil foto-foto. Akhirnya dimarahin dokter. Katanya, " Maaf bu, selama operasi dilarang foto." Mama cuman  mesam-mesem malu.

OH IYA! Sebelum di operasi, gue sempet nguping percakapan suster A dan suster B. Kalian tau mereka ngomongin apa? gue juga ngga tahu! yang jelas gue denger kalo si suster A ceritanya lagi frustasi.

suster A : "Aduuhh gimana nih mbak, kok aku yang dipilih!"
suster B : "Yo bagus toh mbak, berarti sampean iku apik wong e (kamu itu orang yang bagus)"
suster A : "Tapi aku gak bisaa mbakk! aku masih belum cukup bla bla bla bla"
suster B : "Bisa! pasti bisa!"
suster A : "Nggak tahulah mbak, aku bener-bener ragu."

LO BAYANGIN AJA, SUSTER YANG MAU NGOPERASI, YANG ENTAR BAKAL MOTONG-MOTONG BIBIR BILANG KAYAK GITU DIDEPAN LO! APA NGGAK JANTUNGAN KITA DENGERNYA?

Badan gue merinding disko. Selama operasi gue cuman bisa al-ma'surat dalem hati. Mirisnya, gue cuman hapal setengah al-ma'surat aja, OH GOD WHY? kenapa pas adegan mau dibedah, mendadak gue lupa lanjutannya?????




Akibatnya, hati gue nggak tenang. Tiba-tiba gue teringat serial tv On The Sp*t pernah nampilin 7 OPERASI YANG GAGAL.




Aih matek dah. Gue langsung lemes, pasrah. Untungnya gue cuman dibius lokal. Jadi, kalau mau kabur, kaki gue masih bisa lari #apasihalay xD

Disaat gue lagi tegang bagini, si dokter dan si suster (yang ngoperasi gue 2 orang) malah asyik ngobrol. Si suster curhat kalau dia nggak siap dikirim ke pasuruan buat tugas apa gitu. Gue langsung mendelik, jadi yang tadi itu.....


Oalah gusti!

Yah, senggaknya kekhawatiran gue berkuranglah.

Tapi wait, kok hidung ini gatel ya? Gue intip kebawah, o em ji.

Si dokter mau pasang benang jahit dan hidung gue kesenggol benang.

Gawat, gue pengen bersin.

dokter : "Eh loh, pengen bersin ya?" (si dokter kayaknya ngeliat hidung gue gerak2 gitu 😂)
gue       : "ha-ah"(ini ceritanya gue lagi mangap)
sustr A : "Gak papa mbak bersin aja." (dokter-suster menjauh)

Gue langsung mikir, ini gakpapa nih, gue bersin pas lagi operasi? apa gak buyar semua ntar bibir gue? eh, tapi kok mendadak nggak gatel lagi yah?

gue        : "aanngg....nggak jada dak..." (nnngg... nggak jadi dok)
dokter    : "oh, gitu? oke, lanjut—
gue        : "hacying"

Gue bersin tepat pada saat tangan dokter dan susternya lagi megangin mulut gue. Alhasil, meluncurlah meteor salju ke tangan mereka #ewwwwhhh

Untung make sarung tangan :v

-Skip Time-

Setelah beberapa jam kemudian, akhirnya operasi gue selesai dan sukses. YEAH!



Mama cerita ke gue kalo beliau hampir semaput (pingsan) pas ngeliat mulut anaknya banjir jus cabe a.k.a darah.

Wihii.... gue juga ngerasa sih, pas susternya bolak-balik ngelap mulut gue. Kirain iler netes, nggak taunya darah bo!

Tapi Alhamdulillah semuanya lancar :D hehehe... setelah operasi ini, gue kapok gigitin bibir/gusi/lidah. Takut operasi lagi! 😱

Lagipula mendzalimi diri sendiri itu nggak baik dan nggak boleh. Jadi, mendingan kita ngerawat diri sebaik mungkin. Jangan kayak gue, sukanya gigit2 xD ngutek-ngutek kuku dan lain-lain #ckckck...

"Dan Kami tidaklah menganiaya mereka tetapi merekalah yang menganiaya diri mereka sendiri, karena itu tiadalah bermanfaat sedikitpun kepada mereka sembahan-sembahan yang mereka seru selain Allah, di waktu azab Tuhanmu datang. Dan sembahan-sembahan itu tidaklah menambah kepada mereka kecuali kebinasaan belaka." (QS. Huud : 101 )

Anyway, nggak terasa udah panjang aje gue nulis wkwkwk....

Yah, mungkin itu aja pengalaman yang bisa gue share ke kalian :D thank you for reading!

Good Bye! 😀


92 komentar:

  1. Bagus ih. Realita dan bahasa nya nggak bikin kaku. Semangat :)

    BalasHapus
  2. selamat malam. apakah pasca operasi mukokel ada lebam dibibir anda?

    BalasHapus
    Balasan
    1. malam juga. nggak, nggak ada. setelah operasi bibir saya benar-benar seperti semula :D paling cuman bekas jahitan, tapi lama-lama hilang kok

      Hapus
    2. Maaf mbak apakah setelah operasi mucocele dapat tumbuh lg?

      Hapus
  3. Di bius kan pas operasi?😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwk Iyalah 😂 tapi bius lokal, cuman di mulut.

      Hapus
  4. Kerasa gak sakitnya pas di op?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kerasa tapi gak sakit kok :D soalnya bius lokal. Paling pas di obok-obok (?) aja yang kerasa kalo ada benda asing di mulut 😂

      Hapus
    2. Sehabis operasi sembuhnya brp hari kak.

      Hapus
  5. Biyaya operasinya berapa kemaren kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya hampir 2 jutaan. Lupa juga saya :D

      Hapus
  6. Apakah benangnya dilepas oleh dokter atau dibiarkan sampe menyatu dengan kulit kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Rizki! Iya, benangnya di lepasin sama dokter :D nggak bisa nyatu juga sih sama kulit, soalnya setiap makan benangnya goyang terus :o Kalau bekas jahitan hari pertama-kedua sih ada. Tapi untuk seterusnya enggak ada lagi xD udah ilang deh :D

      Hapus
  7. Ehh ada benang bekas jahitannya ga kak?

    BalasHapus
  8. ktanya oprasinya itu ada efek sampingnya yang bakl tumbuh lgi , apa benar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penumbuhan mukokel disebabkan karena bagian yang muncul karena sariawan tergigit atau sering digigitin jadi kalo gamau tumbuh lagi ya kalo ada sariawan jangan dimainin hehe

      Hapus
  9. Kalo operasinya pake bpjs bisa tidak?

    BalasHapus
  10. Setlh operasi hrs rwt inap tau lgsg plg?

    BalasHapus
  11. Langsung pulang soalnya hanya operasi kecil

    BalasHapus
  12. Habis operasi diperban sampai berapa hari kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu sama ama pengalaman gua...ini gua masih ada jaitan nya...terus jaitan nya di buka ama dokter apah lepas sendiri kak...???

      Hapus
    2. Itu sama ama pengalaman gua...ini gua masih ada jaitan nya...terus jaitan nya di buka ama dokter apah lepas sendiri kak...???

      Hapus
    3. Lepasinnya ya sama dokter dong :v serem kalo ngelepas sendiri mah 😂 wkwkwk

      Hapus
  13. Antara ngakak sama deg²an soal nya bulan depan w juga mau di operasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk semangatt :v ntar kalo ceritanya dibikin horror kan kasian yang baca postingan gue pada gak berani operasi wkwk. Tapi asli pas nunggu diruang tunggu badan gue panas-dingin. Tapi setelah operasi bener-bener lega dan alhamdulillah sampai sekarang bibir gue baik-baik aja :D

      Hapus
  14. Kakak sebenarnya aku juga mau operasi,tapi biayanya brp kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pernah operasi juga tpi biayanya cuman 300 ribu ajah ini mbak

      Hapus
  15. Saya juga ada bendolan seperti mukokel ukuran nya sekitar 4mm apakah harus di operasi? Kalo operasi ke dokter apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba aja diperiksa ke dokter :D siapa tahu memang perlu penanganan lebih lanjut.Coba periksa ke poli gigi dan mulut. Daripada daripada nanti kayak cerita diatas :v didiemin sampe 3 bulan wkwk

      Hapus
  16. Kak saya juga ada mucocel, tapi dibawah lidah. Ga kebayang tar dioperasinya gimana😣😣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Nur Wulan! elahhh tenang aja :vv gue juga awal-awal ngeri pas mau dioperasi. Tapi nggak kerasa kok! Beneran deh, pas dibius tuh cuman kerasa ditarik-tarik tapi gak sakit :D paling nanti kalau biusnya habis baru deh, dueeengg :vv ntar nyeri dikit tapi 2 jaman langsung hilang kok! ;D

      Hapus
  17. Huh iya nih ka senin kemarin baru bat tindakan operasi mucocel.
    Malah sekarangs degdegan mo ambil benang jaitan :(((

    BalasHapus
    Balasan
    1. NAH TUH KAN wkwkwk gue juga pas mau ambil benang deg-degan. Tapi pas udah selesai lega banget nget :v nggak sakit kok, cuman deg-degan aja(Soalnya dokternya ganteng #eh #plak)

      Hapus
  18. Salam kenal smuanya..
    Saya juga baru operasi kecil 2 bulan lewat...deg2 juga dulu waktu oprasi mucocele nya di bawah lidah..
    Tapi hari ni kayak ada gelembung lagi kecil2 gitu...
    Jadi takut klo kambuh lagi...
    Ada yg gak berpengalmn seperti saya???sesudah operasi kecil datang lagi sikit???saya opersinya di KL karna saya lagi belajar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga unknow :v wah, gelembung kecil? kalau dulu saya juga ada kayak gudukan(?) kecil dibagian yg dioperasi, tapi seminggu kemudian hilang. Coba konsultasikan ke dokter yang mengoperasi kemarin :D cari aman huehe takutnya ada hal-hal yang kita tidak tahu :))

      Hapus
    2. Saya malah tumbuh lg mba hbs dipotong bwh lidah mucolele

      Hapus
    3. Terus gimana setelah numbuh lagi?

      Hapus
  19. haiii, gue baru operasi mukokel kemarin jumat, pasca operasi smpe hari ini bibir gue bengkak dan kering bgt, km gitu jg ga ? kira2 smpe brp lama nih bibir bengkaknya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaps sama gue juga :v palingan kek gitu semingguan trus hilang deh :D mau makan juga pilih2 huhuu takut bekas operasinya kenapa-napa. Padahal juga nggakpapa wkwk cuman agak nyeri kalau makan yang keras2 kayak kerupuk, permen, mochi dll.

      Tapi lama-lama hilang kok, dan kita bisa makan apa aja. Horee :v #apasih

      Hapus
    2. lepas jaitan nya setelah brp hari pasca operasi? stelah 1 hri operasi tiba jaitan yang belakang lepas, itu gpp/ gimana ya? ada dua jahitan di bibir bekas operasi nya

      Hapus
  20. Gue tanggal 4 Desember pengen operasi moucocele.yang gue ngeri emang bener ada pembengkakan pada bibir setelah operasi moucocele?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yah, kalau gue sih pas awal2 oprasi gitu. kan habis dibedah dan dijahit kan, jadi pasti gusi kita ga bisa utuh kembali seperti awal. pasti kayak ada benjolan gitu. tapi lama2 kempes kok :D setelah regenerasi langsung kembali seperti normal tanpa bekas~ :3

      Hapus
    2. Kak mau tanya itu ada benjolan di operasiannya brp hri yaa .. Saya udh 1blan operasi dan smpe sekarang gudukan nya diatas operasi masih ada

      Hapus
  21. Hallo.. Aku tgl 19 november baru mau di op, bagian bibir bawah... Kira" brp jam ya wkt itu op nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo jugaa! ohh waktu itu... kira-kira satu jam-an lah. yah, kurang lebih

      Hapus
  22. Kak.fifin mucolele nya bntuknya hbis dibuka ad apa ya waktu operasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. bentuknya? waduh gatau ya :v kan gak bisa ngaca pas operasi. pokoknya sebelum operasi bentuknya bundar kecil putih gitu. setelah operasi datar ga ada gudukan samasekali :D

      Hapus
  23. Setelah oprasi sikat gigi nya gmn tuh ? Trus di perban gak ? Ini saya udh 2 hari setelah oprasi msh berasa senut2 dah

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaah selamet ya habis operasi :v hehe sikat giginya pelan pelannnn banget. kan yang disikat giginya bukan gusi :D jadi no problem lah~ yah, emang habis operasi agak nyut nyut (kata dokter harus makan es krim huahahaha). gak pake perban2an juga. cuman dijahit aja kok

      Hapus
  24. Pas operasi Terasa gak sakitnya?
    Soalnya saya ada gitu juga
    Tapi GK tau ini iy atau enggak
    Aku jadi tkut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak kerasa kok :D kan dibius hehe. coba aja periksa ke dokter :v biar ga kayak gue yg malah didiemin 3 bulan hhhh

      Hapus
  25. Kmu di bibir atau di gusi?
    Kalau aku di bibir loh tapi di dlmny

    BalasHapus
  26. Oh Gini aja lah
    Mintak wa BLH?
    Biar lebih gampang nanyak nanyak nya🙂

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe jangan kaget ya, gue kaga punya HP serius deh :V kalo mo nanya disini aja mah gapapa kok :)

      Hapus
  27. Ini saya juga ada benjolan didalam mulut, warnanya ia kayanya agk putih gitu. Kadang suka bikin kepala jadi pusing migrain gitu.. Kamu gitu juga gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh nggak kayaknya. Waktu itu nggak sampe migrain, cuman kayak ada daging tumbuh gitu. Coba di cek ke dokter D: saya bukan orang kedokteran takut salah2 ntar

      Hapus
  28. Aku juga besok senin mo operasi..sebulan kemaren agak besar to ini udah kecil..apa ya tetep dioperasi ya


    BalasHapus
  29. Pas di operasi nya sakit ga sih ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kan di bius jadi tidak sakit, cuma kerasa ditarik-tarik aja

      Hapus
  30. Min, kalau dh sembuh ada bekas cacat gt ga? atau ada foto bibir Mimin yang udh sembuh bekas operasinya?

    BalasHapus
  31. Min, kalau dh sembuh ada bekas cacat gt ga? atau ada foto bibir Mimin yang udh sembuh bekas operasinya?

    BalasHapus
  32. pake bpjs bisa gk sih kak ? maklum dompet mahasiswa,,ckck

    BalasHapus
  33. Mb barusan tadi saya operasi..berapa hari ya kering jahitannya?..oia untuk yg tanya pakai BPJS bisa atau tidak saya bantu jawab ya..Bisa minta rujukan dari faskes 1 ke RS..

    BalasHapus
  34. Mb barusan tadi saya operasi..berapa hari ya kering jahitannya?..oia untuk yg tanya pakai BPJS bisa atau tidak saya bantu jawab ya..Bisa minta rujukan dari faskes 1 ke RS..

    BalasHapus
  35. Mb barusan tadi saya operasi..berapa hari ya kering jahitannya?..oia untuk yg tanya pakai BPJS bisa atau tidak saya bantu jawab ya..Bisa minta rujukan dari faskes 1 ke RS..

    BalasHapus
  36. Eh yg mucocolenya di bawah lidah siapa2 aja nih saya baru siap operasi semalam mau nanayak emng iya jaitannya di lepas lgi?

    BalasHapus
  37. kak mau tanya apakah dalam proses penyembuhan itu memang dibutuhkan waktu istirahat yang lama ?

    BalasHapus
  38. Kak mau nanya.. Saya jg ada gangguan mucocele. Sempet ke dokter. Kaget jg sih dibilang suruh oprasi kecil. Mnrt pnglama kk,Kira2 biaya nya brapa ya?

    BalasHapus
  39. Kak saya juga udah operasi tapi 2 hair kemudian kok jadi agak putih gitu ya? Punya kakak juga gitu?

    BalasHapus
  40. Kak saya juga udah operasi tapi 2 hair kemudian kok jadi agak putih gitu ya? Punya kakak juga gitu?

    BalasHapus
  41. Kak saya juga udah operasi tapi 2 hair kemudian kok jadi agak putih gitu ya? Punya kakak juga gitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  42. biaya lepas jahitan brp ya kak kalo boleh tau?

    BalasHapus
  43. Saya baru saja operasi,itu hampir sama sama yg syaa rasakan. Kamu gosok giginya gmn?

    BalasHapus
  44. hai mb icha , berapa biaya operasinya ?/ dan mbak di daerah mna yaaa ??

    BalasHapus
  45. Sya jg baru oprasi noh tdi siang.. Sya kira setelah di bius trus krasa sakit.. Udah sore ttp biasa aja. .Alhamdulilah.. Semoga aja ttp gk sakit

    BalasHapus
  46. Kak aaya sudah op kurleb 1blan tapi ko masih ada gundukan diatas bekas jaitammya yaa .. Ada yg sama kah ??

    BalasHapus
  47. Sy jga ada mucocele,awalnya sariawan biasa,trus sy ska gigitin biar cpt smbuh,eeh mLah numbuh kmbli,katanya hrus op,deg2 an gw,ktanya bsa sembuh dgn rajin kumur2 air garam 1×6 pnyaku dibagian bibir dlm,awalnya bsr sih kek sperti kutil putih gt,btw tante aku dr umum,jdi aku tanya gmma cra smbuhin bibir ku ini,dia blg minum obat flamar 50mg 2×1 sma cefadroxil 500mg sma obat totol merknya aloclair plus gel
    Bru cb skitar 2-3 harian tb2 mengecil gt,tpi msh ada kek benjolan gt😑ktnya kmu pencet aja smpe kluar isinya hrus tangan steril or pke srung tgn,tpi klu gk kluar brarti jln 11nya op,gw degdegan😢ktanya ada efek sampingnya omaigat sakit gk sih gw takut bgt lht darahh atau lihat pisau bedah😂

    BalasHapus
  48. Oww lupa ksh tau dgn obat fg troches dia tuh kek obat tetapi manis kek permen,diisap2 gt aku dksh tau buat yg bermasalah tenggorokan ama mulut gt,or bsa searching kegunaanya
    SP TAU MUNGKIN ADA YG BERUNTUNG DGN OBAT2 INI,AKU MSH MASA PERCOBAAN NIH AKU TGGU SMPE 2-3 HARI KLU HASIL GT2 AJA TRPAKSA OP,MAU GMNA LGII NANTI TMBH PARAH😢😢MUNGKIN KALIAN BSA CB DLU SP TAU BERUNTUNG SEMBUH YAH KAN👌👌👌

    BalasHapus
  49. Makasih mbak ngurangin tegang

    BalasHapus
  50. Aku mau op Minggu inii😭, takut :""

    BalasHapus
  51. Baru banget baca pas habis dr rs ini tadi, rencananya besok hihihi... makasih ya udah sharing

    BalasHapus
  52. Lah kok ak harus di operasi bius total ya? Ngeri ga sih??. Mana tar 3hr lg jadwalnya. Emang ada yg dbius total? Ni lg cari dokter lain lg yg kira2 bisa bius lokal

    BalasHapus
  53. Ka pas dibuka benang jahitan nya sakit ga ya?

    BalasHapus
  54. Ka iny tdy sya jg hbz oprasi mucocele.. Stlh bius lokalx abis nyeriii bngtz smpeg gk bsa tdr... N bengkak bibir kering gt... Ap kakak jg gt... Dan brp lma bsa normal kmbli

    BalasHapus
  55. Kak saya sudah tiga hari yg lalu sudah di op mukokel
    Brapa hari jahitan ini akan sembuh kak?
    Sudah 3 hari ini bibir saya msih bengkak dan agak perih
    Mksih kak tolong di jawab

    BalasHapus
  56. Anak saya umur 9tahun ada mucocele dibawah bibirnya sudah hampir berbulan bulan lah, maret tanggal 6 bsk jadwal operasinya. Dan disekitar itu ada buletan kecil juga bbrpa entah sama dg yg besar atau bukan,, saya harus tanyakan lagi ke dokternya nanti pas mau operasi. Dan saya pakai bjps yg gratis juga sekeluarga, jd dijadwalkan agak lama utk operasinya sedangkan anak saya sudah merasa gatal dan agak nyeri katanya... Alhamdulillah saya terbantu dg adanya bpjs. In syaa Allah anak saya berani krna sudah pernah operasi kecil juga dijari krna mata ikan. Mohon doa nya buat anak saya yaa semoga berjalan lancar operasinya. Aaminn

    BalasHapus

Theme by Wanaseoby